SEKILAS INFO >
Selamat Datang di Website Penerbit CV. Sahabat Kediri
Kamis, 19-09-2024

Berbagai Jenis Karya Buku dan Angka Kreditnya untuk Kenaikan Pangkat Guru

Selasa, 21 Februari 2023

Selain menulis dalam bentuk laporan, guru bisa menulis berbagai jenis buku untuk keperluan kenaikan pangkatnya. Buku yang ditulis guru bisa berupa buku kategori publikasi ilmiah dan buku kategori karya inovatif (karya sastra). Buku yang termasuk kategori publikasi ilmiah adalah buku teks pelajaran, modul/diktat pelajaran, buku dalam bidang pendidikan, buku karya terjemahan, dan buku pedoman guru. Sedangkan buku yang termasuk kategori karya inovatif (karya sastra) yaitu novel, buku kumpulan cerpen, buku kumpulan puisi maupun buku kumpulan naskah drama/teater/film.

Berikut ini penjelasan masing-masing jenis buku yang bisa dibuat guru dan diusulkan untuk kenaikan pangkat:

1. Buku Teks Pelajaran

Buku teks pelajaran adalah buku berisi buku pengetahuan untuk bidang ilmu atau mata pelajaran tertentu dan diperuntukkan bagi peserta didik pada suatu jenjang pendidikan tertentu atau sebagai bahan pegangan mengajar guru, baik sebagai buku utama maupun sebagai buku pelengkap. Buku pelajaran dapat ditulis guru secara individu atau berkelompok.

Buku teks pelajaran yang ditulis oleh guru jika lolos penilaian oleh BSNP memperoleh angka kredit sebesar 6.00. Buku teks yang dicetak oleh penerbit dan ber-ISBN memperoleh angka kredit sebesar 3.00. Sedangkan buku teks yang dicetak oleh penerbit tapi tidak ber-ISBN memperoleh angka kredit sebesar 1.00.

2. Modul/Diktat Pelajaran

Modul adalah materi pelajaran yang disusun dan disajikan secara tertulis sedemikian rupa sehingga pembacanya diharapkan dapat menyerap sendiri materi tersebut. Diktat adalah catatan tertulis suatu mata pelajaran atau bidang studi yang dipersiapkan guru untuk mempermudah/memperkaya materi mata pelajaran/bidang studi yang disampaikan oleh guru dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Modul/Diktat yang digunakan di tingkat provinsi mendapat angka kredit sebesar 1.50. Modul/diktat yang digunakan di tingkat kabupaten/kota memperoleh angka kredit sebesar 1.00. Sedangkan modul/diktat yang digunakan di tingkat sekolah memperoleh angka kredit sebesar 0.5.

3. Buku dalam Bidang Pendidikan

Buku pendidikan adalah buku yang berisi pengetahuan terkait dengan bidang kependidikan. Buku pendidikan berbeda dengan buku teks pelajaran. Besaran angka kredit buku dalam bidang pendidikan yang dicetak oleh penerbit dan berISBN adalah 3.00. Sedangkan buku pendidikan yang dicetak oleh penerbit tetapi belum ber-ISBN angka kreditnya sebesar 1.50.

4. Buku Karya Terjemahan

Buku karya terjemahan adalah tulisan yang dihasilkan oleh guru dengan cara menerjemahkan buku pelajaran atau buku dalam bidang pendidikan dari bahasa asing atau bahasa daerah ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya dari Bahasa Indonesia ke bahasa asing atau bahasa daerah. Buku ini yang akan digunakan oleh guru untuk membantu proses pembelajaran. Angka kredit buku karya terjemahan sebesar 1.00

5. Buku Pedoman Guru

Di dalam buku 4 tentang Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dijelaskan tentang pengertian Buku Pedoman Guru yaitu buku yang berisi rencana kerja tahunan (setahun mendatang) yang ditulis oleh guru dan terdiri atas: Rencana kerja pengembangan pembelajaran bagi peserta didik dan Rencana pengembangan profesi bagi guru. Isi rencana kerja pengembangan pembelajaran setidaknya meliputi: upaya dalam meningkatkan/memperbaiki kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi proses pembelajaran bagi peserta didik. Begitu pula isi dari rencana pengembangan profesi guru paling tidak meliputi: upaya dalam meningkatkan/memperbaiki kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi terhadap pengembangan profesi guru. Rincian rencana kerja, yang disajikan dibuat dalam satuan waktu bulanan untuk selama setahun. Bisa dalam satu tahun anggaran ataupun satu tahun pelajaran.

Pembuatan rencana kerja dalam bentuk Buku Pedoman Guru bermanfaat bagi guru untuk pengembangan profesinya sesuai dengan rencana yang telah dibuat. Guru akan memiliki rambu-rambu dan pedoman yang jelas terhadap hal-hal yang harus dilakukan baik dalam pelaksanaan pembelajaran maupun pengembangan profesinya. Buku ini juga dapat dipakai oleh kepala sekolahdan/atau pengawas sekolah untuk mengevaluasi kinerja guru yang bersangkutan. Manfaat yang lain, tentu saja adalah buku pedoman guru tersebut bisa diusulkan untuk kenaikan pangkat.

6. Buku Karya Seni

Karya seni berupa karya sastra yang meliputi novel, kumpulan cerpen, kumpulan puisi, cerita bergambar, ataupun naskah drama/ teater/film yang dibuat dalam bentuk buku dapat diusulkan untuk kenaikan pangkat. Penciptaan karya sastra ini tidak hanya diperuntukkan bagi guru bidang seni saja tapi berlaku untuk semua guru bidang studi.

Karya sastra novel, kumpulan cerpen, kumpulan puisi, dan naskah drama dapat dibuat dalam bentuk buku yang diterbitkan ber-ISBN oleh penerbit bereditor sastra dan diedarkan di masyarakat. Selain itu bisa juga berupa naskah (cerpen atau puisi ciptaan sendiri) yang dikliping dari surat kabar/majalah atau media massa ber-ISSN.

Besaran angka kredit buku karya sastra yang berkategori kompleks adalah 4.00 dan yang berkategori sederhana adalah 2.00.pabila buku-buku tersebut ditulis oleh lebih dari satu orang maka harus memenuhi ketentuan sebagai berikut:

 

Demikian penjelasan jenis-jenis buku dan angka kreditnya yang bisa diusulkan oleh guru untuk kenaikan pangkat. Di artikel berikutnya penulis akan mengupas bagaimana membuat buku yang sesuai dengan aturan sehingga lolos penilaian angka kredit. 

Salam.