SEKILAS INFO >
Selamat Datang di Website Penerbit CV. Sahabat Kediri
Kamis, 19-09-2024

Aturan Baru Perpusnas tentang Pengajuan ISBN

Selasa, 21 Februari 2023

ISBN International Agency selaku pemangku kebijakan ISBN tingkat dunia mendapatkan temuan bahwa besarnya penggunaan ISBN di Indonesia tidak diimbangi dengan jumlah buku yang beredar, hal tersebut membuat ISBN International Agency menengarai adanya kejanggalan dalam penggunaan ISBN. 

Berdasarkan hasil analisis dari laporan tersebut, diketahui terdapat terbitan yang seharusnya diterbitkan tanpa perlu ISBN. Sehingga layanan ISBN Perpusnas direkomendasikan untuk lebih selektif dalam memberikan ISBN, salah di antaranya adalah terhadap penerbitan buku-buku hasil kegiatan penelitian dan kegiatan akademik lainnya yang bersifat lokal.

Adapun sejumlah kebijakan terbaru yang dikeluarkan oleh PERPUSNAS untuk menindaklanjuti hasil temuan tersebut antar lain:

Mewajibkan penyebarluasan hasil terbitan untuk seluruh buku yang diberikan ISBN. Kebijakan terbaru dari PERPUSNAS sebagaimana yang telah disampaikan hendaknya diketahui bersama, agar dinamika yang sedang berlangsung dapa ikuti oleh seluruh pihak, pada akhirnya hal tersebut diharapkan akan berdampak kepada peningkatan kualitas penerbitan buku di Indonesia dan memberikan dampak secara nyata bagi pembangunan pendidikan dan kecerdasan bangsa.