SEKILAS INFO >
Selamat Datang di Website Penerbit CV. Sahabat Kediri
Kamis, 19-09-2024

Apa sih Perbedaan ISBN dan QRCBN?

Kamis, 23 Februari 2023

ISBN dan QRCBN adalah dua sistem identifikasi buku yang berbeda yang digunakan dalam industri penerbitan. ISBN singkatan dari “International Standard Book Number,” sedangkan QRCBN singkatan dari “Quick Response Code for Books and e-Books Number”. ISBN digunakan untuk mengidentifikasi buku cetak, sedangkan QRCBN digunakan untuk mengidentifikasi buku elektronik atau e-book.

Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai perbedaan antara ISBN dan QRCBN.

  1. Tujuan Penggunaan

ISBN digunakan untuk mengidentifikasi buku cetak secara global, sedangkan QRCBN digunakan untuk mengidentifikasi buku elektronik atau e-book. Karena ISBN telah digunakan selama lebih dari 50 tahun, ISBN dianggap sebagai standar industri dan digunakan di seluruh dunia.

Sementara itu, QRCBN dikembangkan oleh Badan Standar Nasional Indonesia (BSNI) untuk memfasilitasi pengembangan e-book di Indonesia. QRCBN adalah sebuah kode QR (Quick Response) yang memungkinkan pembaca untuk dengan mudah mengakses informasi buku elektronik, seperti sinopsis buku, penulis, dan penerbit.

  1. Komponen Kode

ISBN terdiri dari 13 digit, di mana tiga digit pertama merupakan prefiks yang menunjukkan negara penerbit buku, diikuti oleh beberapa digit yang menunjukkan penerbit, judul, dan edisi buku. Dua digit terakhir digunakan untuk menunjukkan digit verifikasi.

Sementara itu, QRCBN terdiri dari 28 karakter alfanumerik yang terdiri dari kombinasi angka dan huruf. Kode QR ini dapat dipindai menggunakan aplikasi pembaca kode QR yang terdapat di perangkat ponsel pintar.

  1. Aplikasi

ISBN diterapkan pada buku cetak dan juga buku elektronik, sementara QRCBN hanya diterapkan pada buku elektronik atau e-book. Karena e-book semakin populer, QRCBN menjadi penting sebagai alternatif atau pelengkap untuk ISBN.

  1. Regulasi

ISBN diatur oleh International ISBN Agency, sedangkan QRCBN diatur oleh Badan Standar Nasional Indonesia (BSNI). Penggunaan ISBN diwajibkan di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Kanada, sementara QRCBN saat ini masih bersifat sukarela.

Kesimpulannya, ISBN dan QRCBN adalah sistem identifikasi buku yang berbeda. ISBN digunakan untuk mengidentifikasi buku cetak secara global, sedangkan QRCBN digunakan untuk mengidentifikasi buku elektronik atau e-book di Indonesia. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang berbeda, keduanya sama-sama penting untuk memudahkan pembaca dalam mengakses informasi mengenai buku yang mereka baca.